Home » » USAHA EMPING MLINJO IBU WAGIYEM

USAHA EMPING MLINJO IBU WAGIYEM

Written By Donasi GEMI on Monday, October 26, 2015 | 12:13 AM


Ibu Wagiyem sedang mengolah Mlinjo


Ibu wagiyem adalah anggota Gemi sejak tahun 2007, bersama dengan kelompoknya yaitu “berkah Rezeki”. Dengan besaran pinjaman sebessar 3 juta rupiah. Dari uang tersebut, ia belikan bahan mlinjo, untuk diolah jadi emping.

Usaha yang dirintis oleh Ibu Wagiyem adalah usaha emping mlinjo. Biji mlinjo dikelpas kemudian diambil bijinya kemudian digoreng menggunakan pasar (tanpa minyak goreng) atau dikenal dengan istilah “sangan”. 

Sebagaimana pedagang tradisional lainnya, usaha yang dikelola oleh Ibu Wagiyem tanpa disertai management keuangan, sehingga tidak diketahui (bahkan diperkirakan) seberapa hasil bersih yang didapatkannya dari pengolahan biji mlinjo tersebut.

Usaha bisnis mlinjo ini oleh Ibu Wagiyem termasuk usaha sampingan, karena penghasilan utama keluarga berasal dari suami, yang bekerja di bidang kerajinan home industry. Hasil dari usaha mlinjo hanya cukup untuk keperluan konsumsi tambahan sehari-hari. Usaha bisnis mlinjo yang digeluti oleh Wagiyem tidak maksimal ketika di musim penghujan. Pada musim penghujan, ia tidak membuat mlinjo tetapi berdagang kacang.


Ibu Wagiyem dan suaminya, tidak lah mempunyai tnggungan apa-apa, jumlah pengeluarannya pun relatif rendah, yaitu sektiar 600 ribu rupiah per bulan. Meski demikian, pinjaman dari Gemi sangat penting, sebagai modal awal untuk berusaha.

0 komentar:

Post a Comment