Home » » USAHA TERNAK AYAM IBU SUPARTINI

USAHA TERNAK AYAM IBU SUPARTINI

Written By Donasi GEMI on Tuesday, October 27, 2015 | 2:28 AM



Supartini adalah salah satu anggota GEMI yang berdomisili di Dukuh Tompak, Wiladeg, Karangmojo, Gunungkidul. Tempat tinggalnya relatif dekat dengan kota wonosari yang berjarak perjalanan sekitar 15 menit. Ia bergabung di GEMI sejak tahun 2007, dengan kelompok rembug “Berkah Rezeki”.

Ia bersama suaminya di kampungnya memang dikenal sebagai orang yang punya usaha beternak ayam. Selain ayam usaha sampingan yang dimiliki adalah usaha kambing. Menurut Ibu Supartini, banyak kendala yang terjadi ketika beternak ayam, baik itu pada masa pemeliharaan (produksi daging ayam), sampai pada pemasarannya (marketing).

Pada masa pemeliharaan ayam sering terkena penyakit, terutama ketika hawa dingin di waktu musim penghujan. Dan pada masa-masa tertentu, kesulitan terjadi pada sepinya pemesanan, seperti waktu bulan muharram. Karena menurut suami dari Ibu Supartini, pada bulan ini di kalender jawa dikenal dengan istilah suro, sebuah bulan yang dipercaya punya pantangan untuk melakukan perayaan. Sangat berimbas pada jumlah pemesanan daging ayam.

Menurutnya usaha beternak ayam ini aslinya dapat berkembang, cuma mereka selama ini terkendala masalah modal. Oleh karena itu, menurut Ibu Supartini dan suaminya, pinjaman modal dari GEMI punya arti yang sangat penting. Untuk pemodalan, terutama untuk pembelian bahan (telur ayam), pakan dan kandang ayam.


Dari usaha beternak ayam ini, Ibu Supartini dan suaminya dapat menghasilkan uang rata-rata 1 juta untuk keperluan hidup sehari-hari bersama dua putra mereka. 

0 komentar:

Post a Comment